5 Aplikasi Android Berbahaya Diinstal

Hari ini kita akan mengulas tentang 5 Aplikasi Android Berbahaya Diinstal dan disarankan untuk tidak dinstall. Apk berbahaya banyak di playstore dan tidak kamu sadari.

5 Aplikasi Android Berbahaya Diinstal
5 Aplikasi Android Berbahaya Diinstal

5 Aplikasi Android Berbahaya Diinstal:

Tidak jarang aplikasi berbahaya terinstall di smartphone anda dan bahkan aplikasi ini kurang pengawasan di google playstore sehingga sering ditemukan aplikasi berbahaya disana. Inilah aplikasi yang berbahaya untuk diinstal:

1. Galeri QuickPic

Aplikasi Galeri quickpic adalah aplikasi yang dulunya bagus dan banyak diminati oleh penggunanya. Namun setelah dibeli oleh Cheetah Mobile pada tahun 2015 lalu, aplikasi ini disalahgunakan dimana perusahaan mulai mengunggah data pengguna ke server mereka sendiri, sebagaimana dibuktikan oleh salah satu pengguna Google Plus yang menemukan izin permintaan DNS baru yang dikaitkan dengan aplikasi ini. Aplikasi ini telah dihapus dari Play Store sama sekali pada akhir 2018 tetapi dikembalikan pada 2019. Namun dikembalikan lagi.

2. ES File Explorer

File ini juga berbahaya untuk diinstall di aplikasi android anda. Versi gratisnya dipenuhi bloatware dan ad-ware dan terus-menerus meminta Anda untuk mengunduh aplikasi tambahan melalui pop-up notifikasi yang tidak dapat Anda nonaktifkan. Namun, situasinya menjadi jauh lebih buruk pada April 2019 ketika aplikasi yang dulu populer itu dikeluarkan dari Play Store karena melakukan penipuan klik pada iklannya.

3. UC Browser

Browser ini cukup terkenal namun dianggap berbahaya karena melakukan pelacakan tanpa mengenkripsi data yang dikirim ke tujuan lain. Permintaan pencarian pengguna dikirim tanpa enkripsi ke Yahoo India dan Google. Nomor IMSI pengguna, nomor IMEI, ID Android, dan alamat MAC Wi-Fi dikirim tanpa enkripsi ke Umeng (alat analitik Alibaba). Dan data geolokasi pengguna (termasuk bujur / lintang dan nama jalan) dikirim tanpa enkripsi ke AMAP (alat pemetaan Alibaba). Ini cukup berbahaya karena data dan lokasi anda bisa dilacak orang lain.

4. DU Battery Saver & Fast Charge

Aplikasi ini diunduh dengan 7,6 juta ulasan bintang lima yang hampir tidak dapat dipercaya. Aplikasi ini sama sekali tidak membantu sebab aplikasi ini tidak memiliki kemampuan untuk mengubah seberapa cepat perangkat Anda mengisi daya. Malah yang lebih parahnya lagi ikan sangat banyak bermunculan dan ini menguras daya baterai dan membuat handphone kamu cepat panas. Seperti melakukan kecurangan yang sangat besar dan tidak sesuai dengan nama aplikasi tersebut.

5. Dolphin Web Browser

Ini juga sama dengan UC browser dengan melakukan pelacakan. Yang terburuk dari semuanya, file ini menyimpan kunjungan situs web dalam mode penyamaran Anda ke dalam file di ponsel Anda. Dan ini berbahaya.

Itulah 5 aplikasi berbahaya diinstal pada android anda. Jika ada saran dan tambahan, silahkan kirim lewat komentar.