Apa Dasar Utama Kamu Membuat Blog? Jadikan Itu Ladang Penghasilan

Admin sering bertanya kepada diri sendiri Apa Dasar Utama Kamu Membuat Blog? Apa Tujuan Kedepannya? Hanya untuk menyalurkan hobby atau berbisnis?

Dasar Utama Kamu Membuat Blog
Dasar Utama Kamu Membuat Blog

Saya sering menganggap diri saya ada didepan saya dan saya tanyakan ke diri saya apa tujuannya? Dan saya kira saya sudah bisa menjawabnya, untuk menyalurkan hobby menulis.

Apa Dasar Utama Kamu Membuat Blog?

Saya awalnya memiliki blog hanya untuk menyalurkan hobby menulis cerita pribadi saja dan karena semakin besarnya niat seperti teman-teman saya yang sudah populer dan naik daun maka saya pun merubah semua kebiasaan menulis cerita pribadi saya menjadi menulis konten yang lebih bermanfaat bagi orang lain.

Saya memandang sejauh ini kelihatan cukup baik dan tidak buruk dimata semua orang. Bahkan banyak yang mendukung untuk mengembangkan blog ini kedepannya. Saya kira ini akan membantu kehidupan saya dengan menambah ladang penghasilan. Dan sekarang saya bersyukur cukup merasakannya dan sangat membantu walaupun masih sedikit.

Kamu mungkin pernah bertanya, apa tujuan kamu membuat blog? Dari sekian banyak blogger, banyak pemilik blog lebih berpikir uang. Hal yang lebih dipikirkan adalah bagaimana saya akan cepat mendapat uang tetapi saya sedikit membuat tulisan? Itu ibaratkan kamu masih melamar kerja tetapi kamu tanyakan berapa gajinya. Memalukan bukan?

Saya kira untuk blogger sejati, jika ingin mendapatkan uang, berawal dari kerja keras dengan cara menulis, mengoptimasi, mempertegas isi konten, berupaya mempromosikan ke teman atau sosial media walau dispelekan. Bukan memaksakan diri untuk membuat blog hari ini dan berharap besok berpenghasilan banyak.

Namun, jika kamu seorang blogger jual beli maka kamu bisa saja dapatkan uang cepat dengan jual beli di blog kamu, misalkan jual template, jual jasa backlink, dan lainnya. Namun mereka juga butuh kerja keras untuk mendapatkan uang dan memiliki skill yang lebih tinggi dibidang transaksi. Untuk seorang blogger seperti saya, Ini sedikit lebih rileks dan santai jika menjadi blogger yang kerja untuk menulis saja. Hehehehhe

Saya Ingin Mendapatkan Penghasilan dari Blog. Apakah yang harus saya lakukan pertama?

Jika kamu membuat blog untuk jual beli barang atau jasa, kamu tidak perlu harus bekerja keras semaksimal mungkin seperti penulis blog lain sebab pendapatan utama kamu adalah dari barang dan jasa yang kamu jual dan bukan dari iklan (hasil klik pengunjung).

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk mendapatkan penghasilan, semua harus diawali dengan namanya niat. Semua adalah niat.

Setelah anda memiliki niat, anda bisa meneruskan membuat blog dengan nich blog terbaik anda dan mulai memilih nama blog dan tema yang ringan serta menarik bagi pengunjung. Jika anda sudah memilikinya, anda bisa langsung membuat postingan sesering mungkin. Ciptakan blog yang menarik minat pengunjung, bermanfaat dan tidak blog bahaya (bebas untuk semua umur).

Jika anda sudah sering membuat postingan, anda perlu mengoptimasi, mempromosikan ke sosial media. Cara ini sangat jitu mengundang pengunjung dan menaikkan ranking blog anda agar terkenal.

Bila pengunjung anda ramai, anda bisa memeriksa dan mengoptimasi apakah ada postingan anda yang bermasalah saat pengunjung hadir? Apakah ada artikel 404 (tidak ditemukan) atau apakah ada keluhan pengunjung? Anda perlu mengoptimasi kembali jika anda menemukan kesalahan misalnya laporan dari google analitics atau google search console.

Oh iya, jangan lupa untuk mendaftarkan blog anda ke Webmaster mesin pencari (google,bing,yandex) agar blog anda bisa terindex dan mendapatkan klik organic (alami dari Search engine).

Jika langkah diatas sudah cukup baik, silahkan daftarkan blog anda ke layanan periklanan sebagai publisher, misalnya google adsense, mgid, dable, popcash, Ad-propeller, dan lain – lain.

Inti dari diatas adalah niat dan kerja keras. Hehehe. Sekian cerita kita hari ini.