Inilah Alasan Penyebab Rekening Dibobol dan Uang Tabungan Raib

Hai, admin akan berbagi seputar informasi pada artikel Penyebab Rekening Dibobol dan Uang Tabungan Raib. Ini adalah pembahasan kasus umum diluar dari kendali bank atau akibat kesalahan nasabah sendiri.

Inilah Alasan Penyebab Rekening Dibobol dan Uang Tabungan Raib
Gambar: (ilustrasi) Inilah Alasan Penyebab Rekening Dibobol dan Uang Tabungan Raib

Ada beberapa hal Penyebab Rekening Dibobol dan Uang Tabungan Raib:

  1. Diretas
  2. Sms Dapat Hadiah (OTP sms)
  3. Penipuan kirim nomor Seri ATM
  4. Kebocoran data m-banking.

Admin akan uraikan dan jelaskan satu per satu apa maksudnya poin diatas.

1. Diretas

Cara diretas disini termasuk dalam hal phising, software bank palsu dan juga login kedalam aplikasi berupa e-wallet atau sejenisnya yang palsu dan meminta anda memasukkan data login bank dengan alasan agar sistem transaksi otomatis disinkron. Hal ini perlu anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk memasukkan data userlogin bank anda. Hal ini cukup rawan di penyimpanan uang online termasuk trading lainnya.

2. Sms dapat Hadiah (sms OTP, transfer nominal,dll)

Penipuan ini adalah hal yang paling tenar dimasyarakat dan menduduki posisi kedua dimana masyarakat awam adalah target utamanya. Banyak cara yang dipakai untuk menaklukkan anda sebagai pengguna awam dan kurang paham soal teknologi. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah nomor pengirim, biasanya bank atau perusahaan terverifikasi (sah) biasanya menggunakan nama (huruf) tanpa nomor umum (angka umum maksudnya yakni +628) saat mengirimkan undian kepada nasabahnya. Ini adalah umum terjadi.

Inilah Alasan Penyebab Rekening Dibobol dan Uang Tabungan Raib 01
Gambar: (ilustrasi) sms OTP banking yang biasa dikirim oleh penipu tanpa anda lakukan sama sekali

Jika ada sms masuk OTP Bank (OTP adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang umumnya terdiri dari 6 digit karakter yang seringkali berupa angka unik bersifat sementara atau hanya beberapa menit berfungsi lalu kadaluarsa diatas ambang limit waktu tertentu) cukup anda hapus dan biasanya setelah OTP masuk maka akan ada orang (penipu) yang akan menelepon anda untuk membacakan nomor OTP Bank anda dengan alasan syarat mendapatkan hadiah, maka anda abaikan dan jangan dilayani.

Sms dapat hadiah lain merupakan sms dengan kalimat umum “Selamat anda mendapatkan hadiah…. Dst.” Lalu disusul dengan alamat situs atau link. Anda cukup abaikan dan jangan melayani. Link bukan hanya mengarah ke alamat itu saja tapi lebih berbahaya jika terjadi phising yang membuat anda mudah untuk dipengaruhi.

Inilah Alasan Penyebab Rekening Dibobol dan Uang Tabungan Raib 02
Gambar: (ilustrasi) Sms yang dikirim penipu kepada masyarakat

3. Penipuan kirim nomor Seri ATM

Penipuan jenis ini juga menduduki posisi ke-3 karena dianggap cukup tersebar di masyarakat. Penipuan jenis ini biasanya dilakukan via telepon langsung antara pelaku dan korban. Awalnya pelaku mengajak berdiskusi lalu beralih kepercakapan mendapatkan hadiah, cara rilex ini dilakukan agar korban tidak kaget dan khawatir. Lambat laun, akan beralih ke Rekening dan ATM. Target utama pelaku ini adalah ATM dan diminta untuk membacakan nomor seri empat (4) digit angka terakhir yang ada dibelakang ATM anda. Kemudian jika berhasil, pelaku akan melontarkan pertanyaan lain tentang data diri anda tanpa meminta data login atau PIN anda. Dengan begitu, pelaku akan menguras isi Rekening anda.

4. Kebocoran data m-banking

Cara ini biasanya jarang terjadi, Namun bisa saja terjadi. Ini biasanya diakibatkan oleh aplikasi palsu berbahaya yang dapat menyadap data aplikasi m-banking anda. Data ini diambil dan dikirim oleh virus yang bekerja dibelakang layar tanpa sepengetahuan anda. Nantinya, data banking login anda yang tersimpan akan dikirim kepada pelaku pemilik aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, hindari aplikasi yang berbahaya diluar playstore atau aplikasi premium nulled (aplikasi berbayar yang didapat setelah di crack) untuk diinstall di perangkat hanphone anda.